Monday, December 11, 2017

Mimpi Jaman ABG

Tema postingan kali ini macam ABG galau 😂.

Emak-emak sekalian apa pernah merasakan jaman SMP-SMA dahulu itu namanya puppy love alias "cinta monyet" ? (Puppy kan anak anjing ya? Tapi kenapa dalam bahasa Indonesia diartikan "monyet"... *ngakak)

Saya jadi ingat jaman sekolah dasar dahulu pernah ikut les matpel untuk persiapan ebtanas (duuh jadul banget ebtanas, kelihatan dah umurnya berapa). Les matpel diluar les wajib dari sekolahan. 

Saya ingat banget itu tempat les agak jauh dari rumah, saya menuju ke sana naik becak, seringnya abang becak kalau saya bilang lokasi tujuan saya selalu menyebutkan sebuah SMP negeri (yang kemudian hari ternyata saya bersekolah di SMP tersebut).

Seingat saya, les dimulai pukul 15.00 - 17.00, jadi saya berangkat dari rumah pukul 14.30.
Sejak awal les muridnya hanya segelintir anak yang kebanyakan teman satu sekolahan, hingga terus betambah teman dari sekolahan lain. 

Suatu hari saat saya baru datang dan agak terlambat, tanpa sengaja melihat ke ruang tata usaha, ada seorang murid baru, cowok. Dari belakang saya melihat sekilas anak baru tersebut berambut coklat dan berkulit putih bersih, layak nya anak-anak bule.


Saat les dimulai, si anak baru tersebut masuk kelas dan dipersilahkan duduk oleh guru pembimbing. Dari situ lah awal mula saya melihat rupa si anak rambut coklat yang ternyata... tampan (ecieee, anak SD jaman old yaa, udah ngerti cowok ganteng).

Sejak hari itu, saya jadi bersemangat untuk mengikuti les karena si rambut coklat, sebut saja namanya: Justin (memang kalau diingat-ingat potongan rambutnya mirip Justin Bieber di awal karier nya lho, serius saya). Cuma si Justin ini sering pakai topi kalau di luar ruangan.

Hebohnya saya kebawa sampai di sekolahan. Saya cerita pada sahabat saya yang tidak ikut les, sampai si sahabat penasaran suatu hari datang ke tempat les dengan naik sepeda ontel nya, hahaha. Diapun setuju dengan saya, kalau Justin memang tampan. 

Tidak terasa waktu cepat berlalu, hingga saya lulus SD dan diterima di SMP negeri yang tak jauh dari tempat saya les itu. 

Suatu hari saat upacara penerimaan siswa baru, yang sudah dikelompokan sesuai masing-masing kelas, tanpa sengaja saya melihat sosok si Justin ada di barisan lain kelas dengan saya. Sontak saya kaget bercampur senang ternyata kami satu sekolahan. Meskipun saya dan dia tidak satu kelas tapi ternyata sahabat saya yang lain satu kelas dengan dia.

Waktu bergulir sangat cepat, hingga tak terasa kami pun masuk SMA. Karena semasa SMP saya terlalu asyik bermain dengan teman-teman baru, maka dapat dipastikan saya gagal masuk SMA negeri favorit. Dengan menelan kecewa, saya sekolah di SMA swasta. Dan ternyata di sekolah swasta tersebut saya satu sekolah lagi dengan Justin.

Kalau ditanya apa saya sempat menjalin cinta monyet dengan Justin? Jawaban saya: tidak ya emak-emak sejagad... Sepanjang perjalanan saya ngefans seseorang selalu berakhir tragis *emoticon berlinang airmata.
Apalah saya jaman-jaman abg dulu.. tidak punya prestasi yang patut dibanggakan, bukan dari kalangan cewek-cewek populer di sekolah, cantik pun yaa gitu-gitu saja (meskipun kata abi, saya ini mirip salah satu character cewek dalam anime Final Fantasi *yang mau muntah silahkan).
Tapi sekarang saya justru bersyukur, karena sering menelan jutaan kecewa, saya mentasbih kan diri tidak mau berpacaran bahkan terbawa sampai jenjang perkulihan yanga mana kala itu teman-teman saya saat weekend asyik jalan berdua dengan kekasih mereka, sedangkan saya selalu asyik menenggelamkan diri dengan dunia saya :)

Dan semalam entah ada angin apa, tiba-tiba saya memimpikan Justin (??)

Dalam mimpi itu saya seolah masih sekolah SMP. Saya menempati sebuah kelas dan saya mengingat betul itu kelas saya sewaktu kelas satu SMP. Interior kelas nya pun masih sama seperti jaman saya awal SMP. Cuma yang beda, saya duduk di bangku belakang bersebelahan dengan abi. Heran saya bukannya saya baru jumpa abi saat kuliah ya (??)
Dalam mimpi itu saya satu kelas dengan Justin, dia duduk di bangku depan seorang diri. Dalam mimpi itu kelas masih belum di mulai, belum ada guru pengajar yang datang. Saya minta ijin abi sebentar mau ngobrol dengan Justin. Abi cuma mengangguk sambil terus mengawasi saya.
Saya duduk di sebelah Justin. Basa basi menyapa dia, lalu kami mengobrol. Saya lupa apa yang kami obrolkan dalam mimpi itu. Tapi dia tidak banyak bicara, lebih banyak menanggapi dengan tersenyum. Sebelum saya pamitan kembali ke bangku saya. Saya sempat menulis pesan buat Justin dalam secarik kertas (lupa tulisan nya apa dalam kertas itu).
Sampai di bangku saya, abi pun bertanya, "sudah?" Saya cuma mengangguk.
Selesai.
Cuma segitu saja mimpinya.

Entah, sampai detik ini saya tidak tahu bagaimana kabar Justin. Setahu saya, terakhir saya ketahui sekitar beberapa bulan lalu dia belum menikah, entah kalau sekarang.
Profile picture dalam socmed nya masih sama seperti beberapa tahun lalu, masih sama gaya cool nya menggenakan jacket bertudung dengan tatapan menunduk, bedanya dia sekarang berkacamata minus, mungkin facebook nya sudah lama tidak aktif.

"Justin, jika engkau belum menikah, kudoakan semoga engkau segera menemukan pendamping hidup dan hidup bahagia dengan isteri dan anak-anakmu..."



No comments: