Wednesday, December 20, 2017

La Tahzan & Ayat Ayat Cinta

Hellow para emak sejagad rempong!

Mak, pernah nggak jaman remaja unyu-unyu dulu merasakan patah hati parah? 

Gak pernah?
Bohong banget siiih makk...

Okeh lah saya saja yang mau cerita pengalaman patah hati parah jaman remaja dahulu...

Alkisah... saya dahulu pernah suka banget dengan seseorang. Bahasa kerennya "love at the first sight". Iyes lah, jaman-jaman saya remaja lagi booming film-film dorama (drama Jepang) dan kebetulan suatu saat suatu ketika saya berjumpa dengan orang itu yang berwajah mirip-mirip orang Jepun, pun nama panggilannya mirip orang Jepun. Jadi begitu awal jumpa itu saya merasa seperti sedang dalam film drama Jepang. Dan kebetulan lagi itu orang memang penggemar yang berbau ke-Jepang-Jepang-an (eike jaman itu, jaman masih unyu-unyu nya, kata orang-orang mirip orang Jepun lho mak, serius jangan percaya, bhakakak), makanya dia pun notice dengan kehadiran saya.

Jadi, pas awal jumpa itu di studio (kelas). Dia cuma ngelihatin saya, saya yang duduk di depan dia merasa dilihatin jelas risih ya cyin. Pas saya noleh, langsung saling lihat-lihatan jadinya (so drama gak sih adegannya? Bhakakak).

Sewaktu jam istirahat siang, saya sempatin sholat di masjid. Di masjid, kami tak sengaja jumpa lagi. Dia yang memulai samperin saya sambil bertanya, "lho kamu ngapain di masjid?". Pertanyaan konyol tapi dengan polos saya jawab, "ya sholat, kamu juga ngapain di masjid?". Dia juga jawab, "sholat".
Mungkin awal jumpa di studio, dia pikir saya non muslim karena waktu itu saya bekum berhijab dan wajahn saya oriental punya, begitu juga saya berpikir begitu ke dia.
Saya kegirangan begitu tahu dia muslim (eh). Tapi berpikir keras, bagaimana bisa dekat dengan dia? (Modus coy.. bhakakak).

Masa berkenalan berlalu, berlanjut ke masa orientasi. Di masa-masa "sulit" itu, kami sering mengerjakan tugas bareng. Bukan mengerjakan berdua saja lho mak, tapi barengan rame-rame. Saya juga pernah melekan sampai nginep di rumah dia. Tapi sekali lagi barengan sama teman-teman yang lain, ada teman cewek juga.

Sempat menjauh sekitar dua tahun karena beda kelas. Kadang kalau pas ada kelas sama, ya kami barengan lagi. Tapi lebih banyak jarang bareng nya.

Hingga akhirnya jelang semester akhir, kami sering ngobrol-ngobrol lagi. Selama beberapa tahun jarang bareng, saya kurang tahu dia punya pacar atau enggak. Kalau saya, yang jelas enggak pernah pacaran, kalau penggemar banyak (ups! Bhakakak).
Obrolan kami... seputar masa depan... ciee...
Maksudnya, entar lulus mau kerja dimana? Begitu makk... bhakakak. Klo dia sudah jelas mau kerja dimana, dibagian apa. Cita-cita dia sudah jelas sejak jaman SMU, makanya dia nggak mau ambil jurusan IPA lebih memilih IPS biar lebih santai. Lha klo saya? Boro-boro. Jaman SMU masih limbung pilih jurusan. Masuk IPA ngoyo banget biar pilihan jurusan nya luas, soalnya ya itu tadi belum ada gambaran sama sekali, payah. Bisa masuk PTN syukur alhamdulillah banget, apalagi karena masuk PTN bisa jumpa abinya anak-anak (uhukk!) Meskipun penuh liku dan tikungan-tukungan tajam.

Balik ke cerita si bisul (bhakakak, abisnya bikin sakit banget kek bisul). Dia lulus tepat empat tahun, kalau saya empat setengah tahun karena pertengahan Tugas Akhir saya menundurkan diri, ganti konsep dan riset mulai dari nol lagi. Begitu dia lulus, saat akan wisuda tiba-tiba saya diajak datang ke wisudanya dia. Sebagai ganti mama nya karena emaknya dia katanya lagi sakit. Jadilah saya pendamping wisuda, tapi nggak sendirian, saya menemani abangnya (sampai sekarang saya kurang paham maksudnya diajak wisudanya si bisul ini. Maksudnya kode keras atau saya mau dikenalkan ke abangnya?). Jadi berangkat ke wisuda bareng abangnya naik mobil, pulang dibonceng dia naik motor.

Karena dia sudah lulus duluan dan akan merantau ke ibukota. Saya pun ingin kasih kenang-kenangan buat dia. Bingung putar otak apa kira-kira suatu benda yang pantas yang membuat dia terkenang saya selalu (tsaah). Akhirnya pilihan saya ke buku. Tapi buku apa?
Tanya-tanya ke sahabat saya di Malang, buku apa yang saat itu lagi trend? Lalu pantas enggak buku tersebut jadi bacaan orang laki-laki?
Akhirnya pilihan saya jatuh pada buku: La Tahzan & Ayat Ayat Cinta.
Maka huntinglah saya dua buku tersebut ke salah satu toko buku islam dekat rumah. Toko nya kecil, tapi memanjang. Dan buku-buku islam di toko tersebut cukup lengkap dan yang utama ada potongan harga yang lumayan banget untuk ukuran kantong mahasiswa.
Setelah dua buku tersebut saya bungkus rapi. Saya hubungi dia, saya minta dia menyempatkan datang sejenak ke rumah (kebetulan saat itu saya tinggal di rumah nenek). Datanglah dia ke rumah. Lalu saya serahkan kedua buku tersebut padanya. Dia menerima dengan terharu. Saya katakan buat kenang-kenangan (Ternyata kelak ketika novel Ketika Cinta Bertasbih di filmkan, dia menjadi salah satu desainer posternya dan berkata begini pada saya: "terimakasih kamu sudah mengenalkan aku pada kang Abik melalui karya beliau. Aku senang bisa menjadi bagian dari sebuah karya luar biasa dari  seorang penulis luar biasa di Indonesia", pengempretan banget lahh ya..).

Saat saya Tugas Akhir, setiap malam saya melekan, dia menemani saya. Kadang telphone saya tengah malam sampai berjam-jam cerita macam-macam tentang pekerjaan dia di ibukota (halah, paling ini penghematan, tahun segitu yaa telp tengah malam lebih murah, bhakakak), kadang sekedar sms (belom ada whatsapp bok). Bagi saya kala itu bagaikan multivitamin tambahan. (Please... padahal andai saya tahu... ternyata tahun segitu saat saya tugas akhir, abi juga di ibukota, dia cuti satu semester buat magang di ibukota. Maklum, ada kesempatan magang, abi pun berangkat magang).

Akhirnya saya pun lulus. Empat setengah tahun, dengan IPK tiga koma sedikit (ini perjuangan banget lho mak, bisa dapat tiga koma dikit dengan otak saya yang pas-pasan, hanya berbekal agak rajin dikit).

Jelang wisuda saya telphone si bisul. Karena sewaktu dia wisuda saya sebagai pendamping wisuda nya, maka saat saya akan wisuda saya tawarkan dia sebagai pendamping wisuda saya. Dia tidak bisa datang, dengan alasan pekerjaan nya menumpuk di ibukota. Oke lah, apalah arti pendamping wisuda, bagi saya kehadiran kedua orang tua dan adik-adik saya itu lebih dari sempurna.

Pasca wisuda saya (agak memaksa diri, nekad) langsung berangkat ke Jakarta cari pekerjaan. Kebetulan tante saya yang di BSD Tangerang kebetulan ke Surabaya dan menawarkan tiket pesawat gratis bareng si tante balik ke Jakarta. Akhirnya saya ikut ke Jakarta (kali pertamanya saya naik pesawat, ndeso).
Beberapa hari sebelum keberangkatan saya pun kabari si bisul. Dia excited banget, dari cilandak naik motor ke BSD (emang nggak jauh sih, tapi bagi saya cah ndeso yang nggak tahu berapa jauh itu, itu suatu hal yang so sweet banget kala itu).

Hari Jum'at malam saya berangkat dari bandara Juanda tujuan Cengkareng. Sampai BSD Tangerang tengah malam atau dini hari saya lupa. Langsung istirahat. Esoknya pagi hari jam 7, si bisul sudah nongkrong aja di depan rumah tante. Kami pun jalan kaki keliling cluster. Itu kali pertama saya menumpang di rumah tante, kali pertama juga jalan keliling cluster nya yang ternyata cuma sekelumit. Si bisul ngajak sarapan di ruko depan cluster, tapi saya menolak karena sudah janji sama tante, jam 9 kami mau keluar jalan-jalan. Dia balik ke rumah saudara nya berbarengan naik mobil tante saya.

Hampir sebulan saya di Tangerang cuma dapat satu kali interview, dengan jawaban menggantung. Akhirnya mami memaksa saya balik ke Jawa Timur, katanya saya diwajibkan kursus bahasa inggris sampai lancar (bahasa inggris saya payah banget. Lulus toefl dengan nilai mepet dan itu pun beberapa kali test baru bisa lulus).

Sekembalinya saya ke Jawa Timur sepertinya membuat si bisul kecewa (tapi dia tutupi). Pulang ke Jawa, saya kembali cari pekerjaan di Surabaya. Alhamdulillah dapat pekerjaan di sebuah perusahaan swasta di daerah Pakuwon. Saya masih tetap kontak dengan si bisul. Hingga duka itu datang...

Si bisul mati?...
Bukaaaan... bhakakak

Saya bekerja di Pakuwon itu menggantikan teman saya yang resign. Setelah teman saya resign itu, dia menikah. Jadi, ketika teman saya menikah itu, teman-teman satu kantor diundang termasuk saya.
Entah mendapat kabar darimana, ketika saya sms si bisul cerita kalau salah satu kawan kami ada yang mau menikah, dia tiba-tiba bertanya, "kamu datang?", saya jawab pasti datang. Lalu dia sms lagi, "kalo gitu, ntar ketemuan ya... aku mau kenalkan kamu sama nyonyaku".. saya baca sms tersebut terbelalak, saya kira saya salah baca karena mata siwer, bhakakak, ternyata tidak salah... "Nyonyaku"... akhirnya galau antara datang atau tidak.. hampir tidak datang tapi teman kantor saya memaksa, "datang aja mbak, ntar sampean gandengan sama aku aja ya", kata salah satu teman kantor yang cukup akrab dengan saya.
Akhirnya saya datang, pikir saya, nanti diusahakan jangan ngumpul dengan teman-teman kampus. Jangan sampai jumpa dengan si bisul. Kalau pun jumpa pura-pura nggak kenal.

Di gedung saya barengan dengan teman kantor, tapi begitu sempat berpencar sebentar, eeh ketemu si bisul. Serius dia datang dengan seorang cewek. Rambutnya tergerai, pakai rok pendek, kalau nggak salah ingat gaunnya berwarna perpaduan ungu hitam. Sedangkan si bisul pakai jas hitam (kalau nggak salah ingat, soalnya kala itu saya berusaha menghindar bertatap mata dengannya). Saya berkenalan dengan ceweknya sambil lalu. Syukurnya si teman kantor saya itu cari-cari saya, "Mbak, tak cari kemana-mana kok ternyata di sini", sang penyelamat datang! Saya pun segera meninggalkan situasi tidak nyaman itu. Saya yakin, si bisul menatap kepergian saya, saya merasa matanya mengekor kepergian saya kala itu (maakk, bahasa ku yaa.. novel banget mak... bhakakak).
Sepanjang acara resepsi, saya diglandoti (apa ya bahasa indonesianya?) teman saya itu terus. Saya sih senang-senang saja paling tidak saya bisa menghindar si bisul. Saya ketawa-tawa, padahal hati ini rasanya ingin menangis (saya dahulu begitu mak, untuk menahan rasa sedih, saya tertawa-tawa bercanda bareng teman-teman). Begitu selesai acara resepsi dan saya sendirian di parkiran motor, rasanya sedih sekali, sepi, dada saya sampai terasa sakit (intro backsound "parot", ost. Princess Hours - korean drama. Anw, itu drama korea favorit saya kala itu. Gak ada yang tanya! Bhakakak).
Saya putar-putar kelililing kota dahulu sambil menangis pilu sepanjang perjalanan (ganti backsound "Cinta Kita" by Reza Artamevia yang bagian reff, "cintai diriku seperti aku mencintaimu..."). Saya nggak mau berhenti disuatu tempat sambil menangis. Khawatir malah nggak sengaja jumpa dengan si bisul. Sepanjang perjalanan keliling kota, mata saya sampai kabur karena air mata.
Sampai rumah nenek, beliau masih menonton televisi, saya langsung masuk kamar. Telphone sahabat saya di Malang. Saya cerita sambil menangis terisak-isak sampai habis tissue dan terutama habis pulsa (bhakakak, maklum kere baru kerja belum punya uang makk). Pulsa habis, saya keluar rumah beli pulsa, sekalian beli nomer baru. Cari yang murah bisa telphone lama sampai mabok.
Akhirnya puas ngobrol dengan sahabat saya, saya berhenti nangis... ok, no drama anymore!
Sebelumnya, sebelum saya telp sahabat saya, phonecell saya berdering terus panggilan dari nomer asing. Tebakan saya itu pasti si bisul yang berusaha klarifikasi atau apalah, saya reject. Sampai dia bosan telp saya.

Sejak hari itu, saya putus komunikasi dengan si bisul. Nomer pun saya ganti. Imbasnya ke abi... dia yang patah hati parah sejak tidak bisa mengubungi saya...
Emosi jiwa ternyata menghambat jodoh ya makk, bhakakak.

Sekarang saya syukuri sejak kejadian dengan si bisul itu, bahwa "Lelaki yang selama ini saya anggap baik, ternyata bukan yang terbaik buat saya. Lelaki yang amat sangat baik justru saya abaikan keberadaannya". Alhamdulillah saya segera disadarkan Allah, Allah menjawab doa-doa saya..
Saya lebih dahulu menikah dibanding si bisul. Padahal si bisul sudah lama berpacaran dengan rekan kerjanya, tapi kasihan pacarnya belum juga dilamar. Begitu tahu kabar saya menikah, selang beberapa bulan kemudian dia ikut menikahi pacarnya (waktu itu saya sudah hamil anak pertama).
Dan pacar si bisul itu entah mengapa, setahu saya beda dengan yang dia kenalkan saat di Surabaya. Pacar nya ini, wajahnya sekilas sangat mirip saya jaman saya belum berjilbab (sahabat-sahabat saya juga pada mengakui itu). Wallahualam, hanya Allah yang maha tahu isi hati manusia.
Sekarang, yang lebih sangat saya syukuri... saya sudah memiliki momongan, si bisul belum sama sekali punya momongan. Dia memang suami istri sama-sama bekerja, penghasilannya besar, rumahnya mewah, mobil mewah, setiap tahun jalan-jalan keluar negeri. Apalah arti semua itu tanpa kehadiran anak...

Yok yaa makk... capek ngetik nih...
Ini saya ngetik sambil mengingat detail kejadian tragis masa lalu (bhakakak).

Kenapa saya bercerita semua ini?
Agar saya lebih lebih dan lebih lagi bersyukur atas semua yang Allah berikan pada saya hingga hari ini. Bukan saya ingin menjelak-jelekkan atau menyombongkan diri. Sebagai pengingat saya saja...

No comments: