Monday, June 7, 2010

Copet Kalah Wibawa

Saya ingat cerita seorang sahabat beberapa tahun yang lalu. Kira-kira kisah ini terjadi pada tahun 2006, saat kami masih seru-serunya kuliah. Ialah Ndur sahabat saya yang bercerita pengalaman pribadinya. Siang itu Ndur dari kos-kosannya di daerah Karang Menjangan Surabaya hendak pulang ke kampung halamannya di Gresik dengan naik angkutan umum. Rutinitas seperti ini sudah biasa ia lakoni setiap akhir pekan pulang kampung. Dari Karmen (Karang Menjangan) ia oper angkot lin ijo jurusan Bunder Gresik di depan JMP (Jembatan Merah Plaza). Pangkalan angkot depan JMP terkenal dengan pangkalan para “copet” (Hati-hati pada sobat sekalian yang hendak jalan-jalan ke Surabaya naik kendaraan umum dan oper angkot di daerah JMP).





Pangkalan angkot depan JMP


Depan JMP

Siang itu Ndur duduk di bangku cadangan menghadap pintu. Tanpa sengaja ia melihat orang laki-laki di samping seorang ibu berlagak hendak mencopet. Ibu tersebut duduk di samping pintu, artinya tak berhadapan persis dengan sahabat saya. Ibu tersebut memangku tas tangannya dengan posisi retsleting di sisi kanan, sedangkan pencopet duduk di sebelah kanan si ibu.

Si Ndur yang tengah asyik mendengarkan ipod merasa terusik dengan gelagat lelaki tersebut dan ia mengamati terus upaya aksi pencopetan itu. Tanpa sengaja mata mereka bertatapan, si copet yang merasa tidak leluasa mencopet menyeletuk, “Lapo ndelok aku!” (*ngapain lihat aku!), dijawab si Ndur, “Lha lapo ndelok kon! Aku lho ngrungokno ipod!” (*lha ngapain lihat kamu! aku lho dengerin ipod!)

Tak lama kemudian ibu tersebut (si calon korban) turun. Si Ndur sempat adu pelototan dengan si copet. Sebelum turun sahabat saya sempat berpesan pada ibu lain di sampingnya, “Awas bu, ada copet”, lalu ia turun. Rupanya si copet tidak terima atas upaya Ndur menggagalkan aksi pencopetannya tersebut, ia gagal dapat ’rezeki’ hari itu. Setelah Ndur turun, dari atas angkot si copet mangancam, “Awas kon!” (*awas kamu!), Ndur nggak mau kalah membalas,“Urusan opo kon karo aku!” (*Urusan apa kamu sama aku!), dan angkotpun melaju membawa serta copet itu

Saya surprised mendengar cerita Ndur. Selama saya mengenalnya, ia adalah sosok yang kalem dan lemah lembut, tak menyangka saya dengan berani Ndur menggagalkan aksi pencopetan. Ternyata copet kalah wibawa setelah berhadapan dengan sahabat saya yang satu ini. Lalu saya bertanya padanya, “Kok berani kamu melawan copet, kalo aku jadi kamu wis deg-degan dulu!”. Ndur menjawab, “Aku juga deg-deg-kan! Tapi dipikiranku cuma satu, gimana caranya ibu itu jangan sampai kecopetan seperti aku!”. Memang benar sebelumnya ia pernah kecopetan 2 handphone sekaligus di angkot! Pengalaman pahitnya inilah yang membuat keberanian timbul.

Semoga pengalaman pahit Ndur tidak terulang pada saya dan readers sekalian. Tulisan ini saya ikut sertakan dalam Kontes Blog berbagi Kisah Sejati yang diselenggarakan oleh Anazkia dan disponsori oleh denaihati (semoga tidak terlambat saya mengikut sertakan tulisan yang satu ini)

(gambar diambil disini)


29 comments:

Anazkia said...

LInknya sudah Mbak kirim ke juri :) Makasih yah, atas partisipasinya...

non inge said...

wah di JMP memang bnyk yah.. musti hati2 nie..

moga menang lombanya ^^

Ninda Rahadi said...

nitip ketawa :P

Miawruu said...

hahahaha... mia juga pernah kena copet HP waktu di angkot. jadi gemes banget pengen takol pake tiang listrik >_<

Ica Puspita (de bolokurowo) said...

jangan kalah wibawa dengan pencopet, gagalkan aksi pencopetan :)

Annur Shah said...

yeyye lam kenal bnoleh2 Monggo nnati ku pasang mbak...

bagus tuh hehhehhehheheh

NURA said...

salam sobat
kisah menarik
saya mendukung mba,,semoga kontesnya menang,

catatan kecilku said...

Wuih.., berani sekali temannya menghadapi copet itu.

the others... said...

Hehehe, copetnya pasti gondok banget tuh gak berhasil mencopet di angkot.

Ferdinand said...

Wah salut aku ndur.....kowe wani karo Copet juga ternyata hhe.......si Copet pasti pindah tempat tuh udah ga mau nyopet distu lagi haha....

Ajeng said...

Salut euy sama Ndur.. Tapi kadang, ketika pada titik tertentu keberanian itu memang itu memang diperlukan. Salam buat dia..

Jangkrik dan Babi Terbang said...

Hem... ceritanya bagus nih. moga menang ya...

krikk!!!

Unknown said...

met sore, moga berhasil

achen said...

wah ndur hebat ya
si copet kalah wibawa deh
he

buwel said...

Mungkin yang bisa disimpulkan disini dengan sifat ndur yang kalem trus kok berani karena pengalamannya dia yang pernah kecopetan ya

AdityaBlogsphere2 said...

hahahaha bisa aja deh lakon wayang nya hemmmm......sip lah, met sore sob!!!!

attayaya said...

asiiiiiik ikutan juga
yihaaaaaaaaaaaaa

Riesta Emy Susanti said...

harus slalu waspada ya...

Raa said...

hahahaha....dasar copet!

secangkir teh dan sekerat roti said...

hahaha...! kalo saya mah ajak turun dan mari selesaikan secara laki laki :D

HASTu W said...

kenapa takut?! hehe...

kang ian said...

haha berani juga yah..saya juga pernah sekali kecopetan HP waktu mau ke Bandung..alhasil pas di bandung2 susah buat contact temen mana udah malem lagi huaaaa...

Tukang Jalan Dan Makan said...

keberanian memang kadang ada dalam diri seseorang yang pendiam dan kalem tapi kalau orangnya meledak-ledak banyak ngomong biasanya nyalinya kecil mbak , (semoga bisa menjadi sahabat mbak)

nAndaLiciOuz said...

hmmm kayaknya ada yg ngomongin aq nih disini.... ( gr mode on smbil cenyum2 ga jelas). bowooo km ndak bilang nek critaku di tulis disini.... eia ralat thn 2006 bukan kejadian ini, tp pas aq kena copet. kejadian ini trjadi thn 2008.

Ferdinand said...

Wah Ica gy sibuk ya????

aku mampir gy nie bawa sertifikat untuk Ica....klo Ng'blog diambil ya disini:

http://dj-site.blogspot.com/2010/06/sertifikat-blogger-dari-dj-site-part3.html

Semangat !!!

penghuni60 said...

numpang senyum aja deh abis baca critanya

:)
kurang lebar ya senyumnya

nih..

:D

Unknown said...

hahahaha,,,bener2 gak nyangka,sisi lain si Ndur. terkejutlah aku..^^

kang ian said...

kemana aja nih ica ?? ^^

==
Parodi Ujian Semester

Kematian Pengantin Palestina

castello said...

nice post
kasihan copetnya
he he he he